Kamis, 02 Oktober 2008

Kauman


Pertama kali memasuki daerah kauman,saya merasa seperti artis masuk desa.he...he..

itu karena jalannya sempit sehingga bila melintasi jalan itu,semua mata akan memandang objek yang lewat di depannya.

Ada perasaan lain yang saya rasakan,keakraban.penghuni tempat itu kelihatannya sangat mengenal satu sama lain.mungkin karena tempat tinggal mereka berdempetan.hampir sama sekali tak ada celah pembatas,ruang gerak pun hampir tak ada.

Sejenak saya membayangkan tempat tinggal saya dan membandingkannya dengan apa yang saya lihat di kauman,sungguh perbedaan besar nyata terlihat.lingkungan tempat saya tinggal sangat luas,ada pekarangan tempat anak-anak bermain & berlarian.ada batas kepemilikan tanah,jadi tidak ada rumah yang bergandengan dengan rumah tetangganya.

Saat berkeliling-keliling tempat itu,mata saya melihat bangunan-bangunan yang rata-rata berumur tua.tetapi itulah letak keunikannya.model pintu dan jendelanya masih kuno,pada umumnya terbuat dari kayu.

Di saat bulan puasa ada aktifitas lain yang berlangsung yang berbeda dengan hari-hari biasanya.saya sangat beruntung karena dapat menyaksikan aktifitas dagang di kauman pada bulan puasa.banyak makanan yang di tawarkan,semuanya terlihat menggiurkan.

Konsumennya datang dari berbagai lapisan masyarakat,jadi yang menikmatinya bukan hanya umat muslim yang sedang berpuasa saja.sangat unik bukan??????


saya mau mengucapkan terima kasih untuk bu imel yang sudah mengajak kami sekelas untuk jalan-jalan ke kauman.sungguh ini adalah pengalaman yang menabjukan...so amazing...he..he..

mengingat aktifitas saya setiap hari adalah pergi pulang kampus dan kos.

Jarang sekali saya menghabiskan waktu untuk keliling jogja.maka tentu saja saya sangat menghargai tiap momen yang telah saya lalui.

Ada banyak pengalaman yang saya peroleh dari tour kecil ini.walaupun masih sulit di ungkapkan dengan kata-kata.

seperti yang sudah saya uraikan di atas,waktu melewati gapura saya merasa seperti artis tepatnya model yang sedang berjalan di catwalk...ha..ha..

tapi aslinya saya bukan orang narsis.....


teng kyiu....





1 komentar:

danywhy mengatakan...

Wakakakakak, dibawahnya pake ada No mahasiswa lagi :p